Apa Itu Database Server? Begini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya!



Maxindo Content Solution. Database server itu apa sih? Bagi Anda yang setiap harinya bergelut dengan komputer tentunya sudah sangat familiar, namun tidak bagi orang awam. Tentunya akan bertanya-tanya? Apa itu database server?

Database server merupakan sebuah program komputer yang menyediakan layanan data untuk disalurkan ke komputer atau program komputer lainnya dengan menggunakan model klien-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Pada umumnya sering menyediakan fungsi-fungsi server dan beberapa DBMS (Database Management System). Misalnya, MySQL atau Microsoft SQL Server yang sangat bergantung pada model klien-server untuk mengakses datanya.

Fungsi Database Server :

1. Dapat menyimpan semua data organisasi disatu lokasi.
2. Meningkatkan keamanan data.
3. Menyediakan layanan database management service dimana data tersusun.
4. Dengan cara tertentu sehingga meningkatkan pencarian dan pengambilan data.
5. Client dapat mengakses data yang tersimpan di database server dalam satu waktu tanpa saling menggangu satu sama lain.

Cara Kerja Database Server

Memiliki model klien-server. Klien-server dapat diartikan sebagai model dari suatu sistem yang membagi proses sistem antara server yang mengolah database dan klien yang menjalankan aplikasi. Database server mengurangi beban akses data oleh klien pada server.

Database dapat diakses oleh beberapa klien secara bersamaan dimana data yang diakses hanya atau diubah berasal dari satu sumber yaitu database pada server. Server tersebut diakses baik melalui suatu front end yang berjalan di komputer pengguna yang menampilkan data yang diminta atau back end yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis data dan penyimpanan.

Dalam model master-slave, database server master adalah lokasi pusat dan utama data sementara database server budak disinkronisasi backup dari master bertindak sebagai proxy. Beberapa contoh dari server basis data Oracle, DB2, Informix, Ingres, SQL Server. Setiap server menggunakan query sendiri logika dan struktur. Bahasa query SQL kurang lebih sama di semua server database.

Nah, itulah pengertian, fungsi dan cara kerja database server. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Jenis-Jenis Server dan Pengertiannya!
Pengertian Domain dan Jenisnya!
Cara Login cPanel Dengan Mudah dan Cepat

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu WHMCS? Begini Pengertian Fungsi Serta Kelebihannya!

Penyedia Jasa cPanel Murah

Pengertian Shoutcast Serta Kelebihan dan Kekurangannya!