Perbedaan cPanel dan WHM yang Wajib Kamu Ketahui!



Bagi orang awam cPanel dan WHM adalah kata yang jarang mereka dengar atau bahkan tidak pernah mereka dengar. Untuk itu Saya coba ulas sedikit, apa itu cPanel? dan apa itu WHM? serta perbedaan antara cPanel dan WHM. Yuk simak ulasannya berikut ini:

Pengertian cPanel

cPanel merupakan control panel layanan web hosting berbasis linux untuk mengelola pengaturan website. Melalui panel ini, Anda bisa dengan mudah mengelola semua layanan pada satu tempat. cPanel biasanya dipasang pada server terdedikasi atau VPS (Virtual Privat Server). Beroperasi dengan menggunakan sistem centOS, FreeBSD dan Red Hat Linux dan aplikasi yang didukung cPanel yaitu PHP, Apache, mySQL, Perl, BIND dan Postgres. Memiliki Email berbasis POP3, IMAP dan layanan SMTP.

Baca juga: Tips Membuat Domain yang Tepat untuk Website

Manfaat cPanel

  1. Mempermudah pengelolaan file website
  2. Mempermudah pengaturan website
  3. Mempermudah pengaturan management email
  4. Mempermudah pengelolaan domain
  5. Mempermudah mengelola database
  6. Mempermudah konfigurasi PHP
  7. Mempermudah pengaturan keamanan hosting
  8. Mempermudah backup dan restore website

Pengertian WHM (Web Host Manager)

WHM adalah sebuah halaman web yang digunakan untuk memanage layanan-layanan atau fungsi reseller, dan untuk administrators WHM juga digunkan untuk memanage semua website yang ada di server hosting. Melalui WHM pengguna dengan level akses tertentu diizinkan menggunakan fungsi untuk memanage domain-domain yang terhosting disana, misal untuk mamanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yang telah ditambahkan ke hosting, termasuk untuk manambah, menghapus dan memodifikasi domain di hosting. Saat kita menambah domain melalui WHM maka setiap domain tersebut akan memiliki account cpanel yang berbeda-beda, satu domain (yang ditambahkan ke hosting melalui WHM) satu account cpanel.

Manfaat WHM (Web Host Manager)

  1. WHM memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengelola sertifikat SSL dengan mudah.
  2. Seseorang bisa mendapatkan akses ke semua akun di dalamnya. Selain itu, memungkinkan seseorang mengubah kepemilikan akun jika akun dijual atau dihapus.
  3. Secara keseluruhan, WHM memangkas waktu yang dihabiskan untuk administrasi server dan fokus pada pengelolaan kebutuhan pelanggan.
  4. Klien dapat menerima newsletter, update, dan upgrade kesepakatan melalui WHM.
  5. WHM memungkinkan situs lain menamai diri mereka dengan WHM yang berbeda.

Jadi perbedaan cPanel dan WHM yaitu cPanel digunakan untuk mengatur akun hosting mereka sendiri, sedangkan WHM digunakan untuk mengatur semua akun hosting mereka dan juga untuk mengatur hosting servernya sendiri (khusus untuk Admin hosting). Pengguna yang menghostingkan domain akan membutuhkan cPanel untuk memanage bermacam-macam aspek pada website mereka.

Pengguna dengan paket hosting lebih dari satu domain dan perusahaan web hosting akan menggunakan WHM untuk mengatur banyak domain namun bukan untuk me-manage pengaturan secara individu masing-masing domain.

Kesimpulannya: cPanel dan WHM adalah sebuah kombinasi yang sangat bagus untuk memanage sebuah web hosting.

Nah, itulah Perbedaan cPanel dan WHM. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:
Pengertian Website Statis dan Website Dinamis
Apa Itu TCP? Begini Pengertian Serta Cara Kerjanya!
Dua Cara Mudah Install Billing WHMCS
Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja Mail Server

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu WHMCS? Begini Pengertian Fungsi Serta Kelebihannya!

Manfaat SSL Untuk Situs Online Anda

Penyedia Jasa cPanel Murah